Selasa, 04 September 2012

Mereseni Buku


RAGAM LATIH PRAMUKA

Oleh                                    : Jihad Khufaya
Judul                                   : BOYMAN - Ragam Latih Pramuka
Pengarang                           : Andri Bob Sunardi
Penerbit                              : CV. Nuansa Muda Bandung
Tahun terbit                        : 2006
Halaman                             : i-xvii + 394

       Boyman adalah Ragam Latihan-latihan dan Materi tentang pramuka yang dikemas dalam satu buku yang menawarkan banyak kelebihan, desain yang menarik serta lengkap dengan gambar yang berguna untuk kegiatan kepramukaan khususnya dan kegiatan dia alam terbuka pada umumnya.
Harapan kami buku ini tidak saja menjadi suatu buku kenangan Jambore nasional tahun 2006, tapi juga dapat menjadi “Buku Pintarnya” para pembina Pramuka” Drs. H. Mohammad Masduki (h. vii).
Boyman nama panggilan untuk Baden Powell yang artinya laki laki dewasa yang berjiwa muda. Banyak diceritakan dibuku ini tentang kepribadian Baden Powell (Bpk. Pandu sedunia) yang dapat di contoh oleh para generasi muda khususnya anggota pramuka.
Selanjutnya, Penulis “Andri Bob Sunardi” seorang anggota pramuka tahun 70-an itu menulis juga banyak tentang petualangan dialam terbuka dengan keterampilan-keterampilan yang menantang, sehingga buku ini mengajak kita untuk berpetualang seperti pada materi (halaman 324) tentang Hiking, namun buku ini kurang menuangkan tentang kehidupan yang sekarang, kebanyakan tentang masa-masa hidup terdahulu.
Materi kepramukaan dituangkan lengkap, namun buku ini bersifat monoton menurut saya, karena “saya punya Boyman yang terbitan 2001 dengan terbitan 2006, saya bandingkan keduanya ternyata isinya sama namun hanya tampilan dan gambar-gambarnya yang berbeda”.
Pengalaman Andri Bob ketika menjadi penegak membuat buletin “Warta Pramuka” tahun 1982 membuat isi buku ini banyak mengandung materi-materi pramuka lengkap dan baik untuk dasar materi bagi anggota pramuka.
Keterbatasan buku-buku kepramukaan membuat buku ini pantas dimiliki yang isinya menarik, dan petualangan besar telah menanti begitu anda mulai membacanya, Jihad Khufaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar